Guru Besar Pertama di Sekolah Vokasi UGM

Dosen Departemen Teknik Sipil menjadi Guru Besar Pertama di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta, 1 Agustus 2023─Departemen Teknik Sipil, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada menorehkan sejarah dengan ditetapkanya Prof. Dr.-Ing .Ir Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng. sebagai Jabatan Fungsional Guru Besar bidang Rekayasa Sumber Daya Air dan Lingkungan mulai tanggal 1 Agustus 2023.

Dosen bidang Hidro-Lingkungan yang juga menjabat sebagai Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada tersebut menjadi Guru Besar pertama di Departemen Teknik Sipil. Kebahagian tersebut juga dirasakan oleh sivitas akademika Sekolah Vokasi UGM dengan ditetapkannya Prof. Dr.-Ing .Ir Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng. sebagai Jabatan Fungsional Guru Besar yang pertama kali dilantik di homebase Sekolah Vokasi UGM setelah 12 tahun berdiri.

Keberhasilan Prof. Agus Maryono tidak terlepas dari kiprahnya sebagai pelopor Restorasi Sungai Indonesia. Tahun 2004 sampai saat ini banyak buku yang telah beliau tulis dalam bidang hidro-lingkungan seperti Eko-Hidraulik Pembangunan Sungai, Restorasi Sungai, Menangani Banjir, Kekeringan, dan Lingkungan, Tangga Ikan, Pengelolaan Daerah Sempadan Sungai, Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air, dan Memanen Air Hujan.

Selain itu, pada tahun 2020, Prof. Agus Maryono juga meraih penghargaan paten terbaik dalam Malam Anugerah Insan Berprestasi UGM dengan mengembangkan paten GAMA-RainFilter, alat penyaring dan penampung air hujan yang dapat dipasang pada penangkap atau pemanen air hujan sehingga menghasilkan kualitas air yang memenuhi standar air bersih.

Dengan ditetapkannya Prof. Agus Maryono sebagai Guru Besar, Departemen Teknik Sipil menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Departemen Teknik Sipil berupaya menciptakan sumber daya manusia yang berintegritas dan berdaya saing dalam bidang terapan teknik sipil, serta ikut berkontribusi dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*