• TENTANG UGM
  • PORTAL AKADEMIKA
  • IT CENTER
  • PERPUSTAKAAN
  • PENELITIAN
  • WEBMAIL
Universitas Gadjah Mada UNIVERSITAS GADJAH MADA
DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL
  • PROFIL
    • SEJARAH
    • TENAGA PENDIDIK
    • TENAGA KEPENDIDIKAN
    • DAFTAR RUANG
    • DAFTAR LABORATORIUM
    • MENARA ILMU
  • PROGRAM STUDI
    • DIV TPPIS
      • VISI, MISI, DAN TUJUAN
      • PROFIL LULUSAN
      • PROFIL PROFESIONAL MANDIRI
      • CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM
      • SASARAN PROGRAM STUDI
      • KOMPETENSI LULUSAN
      • BUKU PANDUAN AKADEMIK
    • International Undergraduate Programme
    • DIV TRPBS
      • VISI, MISI, DAN TUJUAN
      • PROFIL LULUSAN
      • Kompetensi Lulusan
  • AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • KURIKULUM TPPIS
      • KURIKULUM TRPBS
    • SKS dan KRS
    • KULIAH, PRAKTIKUM DAN BIMBINGAN
    • CUTI, IJIN KULIAH, DAN BEASISWA
  • KEMAHASISWAAN
  • Kuesioner
  • MAGANG
    • Sudah Konfirmasi
    • Belum Konfirmasi
    • Tidak Menerima
  • Beranda
  • News
  • Identifikasi Stabilitas Lereng Timbunan Jalan di Atas Tanah Sangat Lunak Berdasarkan Pengujian Lapangan dan Simulasi Numeris

Identifikasi Stabilitas Lereng Timbunan Jalan di Atas Tanah Sangat Lunak Berdasarkan Pengujian Lapangan dan Simulasi Numeris

  • News
  • 1 Oktober 2024, 07.12
  • Oleh: admin
  • 0
Identifikasi Stabilitas Lereng Timbunan Jalan di Atas Tanah Sangat Lunak Berdasarkan Pengujian Lapangan dan Simulasi Numeris

Infrastruktur, industri dan inovasiYogyakarta, 30 Agustus 2024—Dosen Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM, Dr. Eng. Ir. Adhitya Yoga Purnama, S.T., M.Eng., IPM., melakukan penelitian melalui hibah Dana Masyarakat dengan judul Identifikasi Stabilitas Lereng Timbunan Jalan di Atas Tanah Sangat Lunak Berdasarkan Pengujian Lapangan dan Simulasi Numeris.

Penelitian ini dibuat berdasarkan permasalahan pada perencanaan jalan akses Pasar Induk Modern Puspa Agro (PIMPA) Sidoarjo, berupa tanah dasar yang merupakan tanah lunak. Tanah lunak atau soft soil memiliki karakteristik berkadar air tinggi, memiliki penurunan yang besar, daya dukung yang rendah khususnya apabila terpengaruh air, serta memiliki tingkat kompresibilitas yang tinggi. Terbatasanya lahan konstruksi menjadi permasalahan lain dalam perencanaannnya sehingga faktor keterbatasan lahan sangat penting untuk diperhatikan terhadap lebar jalan rencana, serta kemiringan dan lebar kaki lereng.

Penelitian yang dilakukan Yoga merupakan bagian dari rencana penelitian utama berupa sistem modular blok interlocking. Pada penelitian sebelumnya, Yoga sudah menentukan efetiktifitas dan desain sistem modular blok interlocking melalui simulasi numeris dan simulasi eksperimental skala laboratorium dan hasilnya menunjukkan bahwa model sambungan circular atau dome lebih efektif dari model lainnya.

Melanjutkan penelitian sebelumnya, penelitian yang dilakukan Yoga kali ini dimulai dengan mengidentifikasi perilaku longsor pada lereng buatan dan lereng alami. Dengan identifikasi ini akan memberikan gambaran secara menyeluruh kondisi yang terjadi sehingga penangan masalah stabilitas lereng dapat diatasi. Identifikasi dimulai dengan mengumpulkan data melalui data topografi, survey lapangan, pengujian lapangan, dan pengujian laboratorium. Selanjutnya akan dilakukan analisis kondisi tanah dan perencanaan lereng buatan melalui simulasi numeris 2D terhadap kestabilan lereng, daya dukung tanah, tekanan air pori, dan displacement-nya.

Setelah itu, akan dilakukan penentuan konfigurasi dan susunan modular blok interlocking yang efektif sebagai dinding penahan tanah dengan mengadopsi sistem MSE wall untuk mengevaluasi perilaku sistem modular blok interlocking dalam menahan gaya lateral akibat timbunan. Pengecekan hasil dilakukan untuk mendapatkan efektifitas bentuk sambungan dengan simulasi numeris 3D untuk setiap variasi sambungan. Dalam penelitina ini, Yoga sebagai ketua peneliti dibantu oleh Dr. Devi Oktaviana Latif.ST., M.Eng., sebagai anggota peneliti dan mahasiswa Dito Kurnia Pamungkas sebagai pembantu peneliti.

Dari penelitian ini diharapkan, dapat diketahui perilaku pergerakan tanah pada lereng buatan serta pengembangan sistem modular blok interlocking berupa konfigurasi dan optimasi desainnya sebagai dinding penahan tanah. Di samping itu, penelitian ini diharapkan juga dapat mengetahui perilaku susunan blok modular sebagai sistem dinding penahan tanah. Dari evaluasi displacement dan tegangan yang terjadi pada sistem dinding penahan tanah modular menjadi harapan bahwa susunan blok modular dengan sistem interlocking sebagai dinding penahan tanah dapat menjadi sistem yang mampu menahan tekanan tanah lateral sehingga nantinya dapat diaplikasikan di lapangan.

Tags: Industri dan Inovasi Infrastruktur Simulasi Numeris Stabilitas Lereng Timbunan Jalan

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

UGM NEWS

  • Menko Muhaimin Sebut Pemerintah Cari Cara Baru Penanggulangan Kemiskinan
  • Wakil Rektor UGM Terima Garudamiles Platinum dari PT Garuda Indonesia
  • Mahasiswa UGM Gelar Pameran Fotografi  “Kaleidoskop Yogyakarta” di Bawah Jembatan Wreksodiningrat
  • Ahli Gizi RSA UGM Beri Tips Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Liburan
  • Yuk, Kenali Gejala Penyakit Lupus Sejak Dini
Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada

Jl. Yacaranda Sekip Unit IV, Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia | email: tekniksipil-sv@ugm.ac.id | Telp. (0274) 545193, 7112126, 085100112126 | Fax. (0274) 545193

© Departemen Teknik Sipil SV Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY