Yogyakarta – Dosen Departemen Teknik Sipil, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D., tengah melaksanakan penelitian bertajuk “Pemodelan Faktor-Faktor Penggunaan Public Bike Sharing”. Penelitian ini dipimpin oleh Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D., serta melibatkan anggota tim penelitian, Nur Budi Susanto, S.T., M.T., dan dua mahasiswa. Penelitian ini berlangsung selama enam bulan, dari Mei hingga Oktober 2024, dan didanai melalui hibah Dana Masyarakat (Damas) yang bersifat kompetitif.
Penelitian ini berfokus pada analisis faktor-faktor yang memengaruhi niat masyarakat dalam menggunakan layanan berbagi sepeda (bike sharing), khususnya di kawasan kampus UGM. Dalam upaya ini, tim peneliti menggunakan model gabungan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB), serta metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis data. Faktor-faktor yang dianalisis mencakup sikap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, dan manfaat yang dirasakan.
Penelitian ini berkontribusi langsung terhadap pencapaian SDG poin 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure). Dengan mengembangkan layanan berbagi sepeda yang terintegrasi di lingkungan kampus, penelitian ini mendorong inovasi dalam sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan. Layanan berbagi sepeda juga mendukung pembangunan infrastruktur yang lebih cerdas dan ramah lingkungan, yang dapat menghubungkan berbagai moda transportasi di kawasan kampus dan kota Yogyakarta secara lebih efektif.
Menurut Nursyamsu Hidayat, ST., MT., Ph.D.,“Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang perilaku pengguna layanan berbagi sepeda di kampus UGM, serta memberikan rekomendasi terkait pengembangan infrastruktur yang lebih baik untuk mendukung penggunaan sepeda di kawasan kampus. Harapannya, layanan ini dapat diadopsi lebih luas sebagai upaya mendukung transportasi hijau yang selaras dengan tujuan SDGs, khususnya SDG poin 9.”
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar kepada para pengguna dan non-pengguna sepeda kampus. Selain itu, survei dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik stasiun sepeda yang ada di kampus UGM. Dengan pendekatan ini, penelitian tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga pada aspek sosial yang terkait dengan perubahan perilaku masyarakat dalam menggunakan transportasi ramah lingkungan. Harapannya, penelitian ini dapat berkontribusi dalam pembangunan sistem transportasi yang berkelanjutan, baik di lingkungan kampus maupun di sekitar kawasan perkotaan.
Hasil penelitian ini akan dipresentasikan pada Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2024 dan dipublikasikan dalam jurnal terindeks. Luaran ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyampaikan hasil penelitian kepada khalayak luas, termasuk akademisi dan praktisi, serta memperkuat komitmen Universitas Gadjah Mada dalam mengembangkan inovasi di bidang transportasi ramah lingkungan.